Kebutuhan pendidikan dasar terpenuhi oleh orang tua di rumah, oleh para guru di sekolah, dan oleh teman sebaya di lingkungan masyarakat.

Bagaimana cara mengukur kebutuhan pendidikan dasar tersebut?

Rumah sebagai lingkungan keluarga bukan semata bermakna fisik bangunan, misalnya.… luas dan mewahnya fasilitas rumah bukan esensi kebutuhan pendidikan dasar. Namun peran orangtua lah yang menentukan kebutuhan pendidikan dasar tersebut, yaitu tema dan kualitas interaksi pendidikan diantara anak dengan orangtuanya. Selama ini, sebagian besar keluarga memandang kebutuhan pendidikan telah terpenuhi apabila orangtua telah menyekolahkan anaknya dan membelikan buku pelajaran serta alat tulis, sementara jalinan yang kuat antara orangtua dan anak tidak terukur sehingga bimbingan dan teladan tidak terwujud di lingkungan keluarga. Lebih mendasar lagi, peran interaksi hakikatnya harus mampu memupuk kedekatan anak dengan Alloh Subhanahu wa Ta’ala agar tumbuh jiwa penyerahan diri hanya kepada-NYA.

Sejatinya, kebutuhan pendidikan di lingkungan keluarga telah sepenuhnya terpenuhi agar kebutuhan pendidikan di sekolah tidak terkendala. Sekali lagi… kondisi nyata mengatakan bahwa “Anak bersekolah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan mereka” seharusnya kita mengatakan bahwa “Anak bersekolah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan yang memang terfasilitasi oleh sekolah”.

Apa saja kebutuhan pendidikan yang seharusnya terfasilitasi oleh sekolah?

Rumusan sederhananya, kebutuhan pendidikan dasar bagi siswa Sekolah Dasar (SD) adalah bimbingan, motivasi, dan teladan yang diperoleh siswa ketika berinteraksi dengan guru. Artinya:  guru haruslah sosok yang mampu memberikan bimbingan, motivasi, dan teladan terbaik bagi para siswa dalam rangka pendidikan. Inilah yang sesungguhnya harus terjamin yaitu meraih manfaat yang maksimal dari bimbingan, motivasi, dan teladan para guru. Oleh karena itu, di lingkungan sekolah guru haruslah menjadi poros selayaknya orangtua sebagai porosnya ketika di rumah.

Perihal lain yang berpengaruh adalah pola interaksi antar sesama siswa. Bahwa mereka saling bersosialisasi bukan harus dicegah namun diarahkan agar interaksinya berwujud kekompakan untuk serius belajar, dan menolak hal-hal negatif berupa game online, narkoba, rokok, perjudian, bahkan kriminalitas.

Apa saja program pendidikan yang dibutuhkan bagi pendidikan dasar?

Bahwa mata pelajaran perlu dipersepsi sebagai ilmu pengetahuan dan corak yang dinamis. Hal ini terbukti dengan pendekatan tematik dalam Kurikulum 2013. Sehingga ketika tema mengandung unsur mata pelajaran maka siswa memahami pendidikan bertujuan untuk mencapai kompetensi berbahasa, berhitung, science, budi pekerti, dan yang lainnya. Lebih jauh, program pendidikan bagi anak-anak muslim haruslah mencerminkan kebutuhan amal ibadah bukan semata-mata belajar namun sekaligus bernilai pahala, seperti berwudhu, sholat, menghafal Al-Qur’an, do’a, mempelajari fiqih, akhlaq, aqidah, bahasa Arab dan studi-studi Islam lainnya. Inilah yang kita maksud bahwa kebutuhan pendidikan dasar terpenuhi di sekolah lantaran anak-anak mendapat bimbingan, motivasi, dan teladan dari sosok yang telah merealisasikan nilai dan amal ibadah untuk kepentingan anak saat ini dan landasan ketika mengenyam pendidikan ke tingkat selanjutnya.

Apa saja aktivitasnya?

Aktivas akademis bertujuan mencapai kemampuan membaca, berhitung, menalar, beramal dalam wujud mata pelajaran dan kegiatan beribadah. Setiap hari diawali dengan apel pagi dengan aktivitas hafalan doa, baris-berbaris, ikrar siswa, amanah pembina, dan lain-lain. Tilawah dan tahfizh Al-Qur’an setiap hari agar akrab dan lekat dengan nilai-nilai Al-Qur’an.  Berfutsal ria bagi siswa putra dan pendidikan keputrian, juga drama Islami diharapkan menyegarkan dan melengkapi aktivitas akademis lainnya. Semoga kita bisa..!!

 

Penulis: Alimuddin Nur, S.Sos.

Kepala Sekolah SDIT Sekolah Unggulan Islami (SUIS)

Perspektif Kebutuhan Pendidikan Dasar SDIT Sekolah Unggulan Islami (SUIS)

Leave a Reply

Ada yang ingin ditanyakan? Hubungi kami..

Kami di sini untuk memberikan informasi yang anda butuhkan mengenai sekolah kami. Jangan ragu hubungi kami.

Customer Support

Call Center

Online

Call Center

Assalaamu'alaikum, informasi apa yang ingin anda ketahui dari sekolah kami? 00.00
%d bloggers like this: